• Jelajahi

    Copyright © Infonitas
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Mengenal Metode Ecirs, Tatalaksana Dalam Kasus Batu Saluran Kemih Kompleks

    infonitas
    Rabu, Desember 13, 2023, 17:37 WIB Last Updated 2024-01-10T17:49:43Z

    INFONITAS.CO.ID - Kota Bekasi - Kasus batu saluran kemih terjadi di seluruh dunia terutama pada iklim panas dan tropis (termasuk Indonesia) dan bisa terjadi pada semua usia.


    Demikian ungkap Dokter Spesiais Urologi Eka Hospital, dr. Regi Septian, SpU, M.Kes, FICS, saat menjadi narasumber dalam tema Mengenal Ecirs, Tatalaksana bagi Kasus Batu Saluran Kemih Kompleks, Rabu (13/12/2023).


    Ia menuturkan, jumlah kasus yang terdiagnosis pada batu ginjal adalah 3 kali lipat terjadi pada pria, namun pada prevalensi pada wanita meningkat beberapa tahun terakhir karena faktor diet dan gaya hidup.


    "Faktor penyebab batu saluran kemih
    beberapa faktor yang mempermudah terjadinya batu saluran kemih yaitu penyakit metabolik, usia produktif dan jenis kelamin. Faktor lain adalah pekerja yang dimana orang-orang terlalu lama duduk."terangnya.


    Ia melanjutkan, gejalanya sangat bervariasi, keluhan utama nyeri kolik yaitu nyeri hebat akibat spasme atau kontraksi otot polos pada saluran ginjal (ureter) akibat adanya hambatan aliran urine. Keluhan dapat disertai mual sampai dengan muntah, demam, kencing anyang-anyangan, dan hematuria.


    "Namun harus diketahui juga, bahwa tidak semua nyeri pinggang disebabkan karena penyebab batu saluran kemih, walaupun begitu jangan abaikan nyeri pinggang dan periksakan ke fasilitas kesehatan terdekat."ujarnya.


    Ia menjelaskan batu ginjal besar dan kompleks seringkali membutuhkan pembedahan terbuka. Ecirs adalah alternatif prosedur minimal invasif yang dapat dilakukan pada kasus batu ginjal kompleks yang tidak dapat diselesaikan oleh metode lainnya. Ecirs merupakan kombinasi Tindakan RIRS dan PCNL yang dikerjakan simultan oleh 2 dokter operator.


    Kemajuan teknologi Kedokteran sudah beralih ke paradigma minimal invasif sehingga kasus penyakit batu saluran kemih kompleks dapat diselesaikan dengan output lebih baik serta risiko yang lebih minimal.


    Pemilihan metode dalam sebuah kasus batu saluran kemih merupakan suatu hal yang perlu didiskusikan Bersama antar pasien dan dokter, dimana dokter harus mengarahkan ekspektasi pasien yang realistis. Prosedur Ecirs merupakan sebuah metoda modern yang paling mutakhir dalam bidang urologi, untuk menangani kasus batu saluran kemih yang kompleks, dan diperlukan tim yang handal serta fasilitas dan teknologi yang memadai. (Lay)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini